Skenario Pembelajaran

Skenario Pembelajaran
Persiapan
Sebelum mengajar, saya akan merencanakan pembelajaran untuk peserta didik. Selain merencanakan  pembelajaran utnuk peserta didik, ada hal lain yang harus saya perhatikan sebelum mengajar. Yaitu memahami prinsip-prinsip mengajar, metode-metode mengajar, dan langkah-langkah dalam mengajar untuk memenuhi syarat sebagai guru yang profesional. Saya akan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan sub tema Teks Deskripsi di kelas 7 semester genap. Alokasi waktu 2 jam setiap pertemuan. 
Mengajar di Kelas 
Saya akan menggunakan kompetensi dasar mengidentifikasi informasi dalam teks diskripsi, menelaah struktur dan unsur kebahasaan dari teks deskripsi, menentukan isi teks deskripsi, menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi baik secara lisan dan tulis. 
Saat masuk kelas, jangan lupa ramah kepada peserta didik. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. Kemudian, saya memeriksa kehadiran peserta didik. Hal tersebut merupakan kegiatan pendahuluan bagian orientasi. Di bagian orientasi, saya akan mencoba mengaitkan materi pembelajaran yang akan  saya ajarkan dengan pengalaman siswa. Sebelum ke apersepsi saya akan memutarkan video motivasi siswa sebagai pembuka. 
Sedikit gambaran mengenai apersepsi yang akan saya lakukan di kelas. Saat pembelajaran cuaca begitu panas dan gerah. Saya akan mencoba bermain peran seolah-olah saya sedang haus dan ingin meminum sesuatu yang menyegarkan. Misalnya es buah, es degan, es jeruk, es teh, dan lain-lain.
Saya bertanya kepada peserta didik tentang minuman apa yang mereka sukai. Setelah mereka begitu antusias menyebutkan minuman ataupun makanan yang mereka sukai. Saya akan meminta peserta didik untuk menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang minuman atau makanan yang mereka sukai. 
Saya akan menggunakan pendekatan Scientific Learning dengan model pembelajaran Discovery Learning (pembelajaran penemuan). Setelah semua peserta didik sudah menuliskan apa saja yang mereka ketahui tentang minuman ataupun makanan yang mereka sukai. Saya akan meminta untuk menyajikan hasil pekerjaan mereka ke depan. Secara tidak langsung peserta didik sudah menuliskan teks yang berupa teks deskripsi. 
Setelah beberapa peserta didik menampilkan hasil pekerjaan, saya akan menyajikan materi teks deskripsi menggunakan power point yang menarik perhatian peserta didik. Menampilkan beberapa materi mengenai teks deskripsi. Mulai dari pengertian teks deskripsi, tujuan teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, dan contoh teks deskripsi. 
Setelah peserta didik mendapat materi, saya akan meminta peserta didik untuk membandingkan teks deskripsi yang ada di PPT dengan teks deskripsi yang sudah mereka buat. Tujuan membandingkan teks deskripsi ini adalah agar mereka mengetahui jika ada kekurangan atas teks deskripsi sudah mereka buat dan memperbaiki teks deskripsi yang sudah mereka buat. 
Media yang saya gunakan yaitu LCD untuk menayangkan video dan menampilkan PPT materi teks deskripsi. 
Selepas Mengajar
Untuk siswa yang sudah memahami seluruh materi dan mampu mendapat nilai yang baik, maka akan mendapat nilai yang baik pula. Bukan hanya nilai namun juga akan ada hadiah untuk tiga peraih nilai tertinggi di kelas. Pemberian hadiah ini akan mempotivasi peserta didik yang masih mempunyai nilai kurang. Untuk peserta didik yang masih belum memahami materi, saya akan meminta untuk lebih giat belajar lagi dan mengadakan remidial untuk memperbaiki nilai mereka. Jika setelah melakukan remidial namun nilai masih saja kurang, maka dengan terpaksa saya akan memberikan nilai apa adanya atau sesuai dengan KKM yang sudah saya tentukan. Misalnya KKM 70 maka saya akan memberikan nilai 70.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Cado-Cado

Catatan Perjalanan

Contoh Opini tentang Korupsi